Karawitan SMK Negeri 7 Semarang

Oleh : Dita Aprillia dan Tri Aulat Junarwoto

Gamelan

Salah satu ekstrakulikuler di SMK Negeri 7 Semarang atau yang lebih terkenal dengan STM Pembangunan (Stembase) sudah ada sejak sekolah ini berdiri. Pihak sekolah telah memfasilitasi alat-alat gamelan beserta peralatan lainya untuk menunjang kegiatan pelestarian budaya jawa. Hebat dan perlu mendapat acungan dua jempol sebab hal langka sebagai sekolah berbasis teknologi tetapi mempunyai kegiatan extrakurikuler seni.

 

Bapak Sukarjo (Karyawan, pelatih) yang saya temui pada Selasa 13 Maret 2012 seusai latihan rutin karawitan mengatakan bahwa tim karawitan yang dilatihnya pernah memenangkan juara harapan III dalam Festival Seni tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2010 di Solo, serta juara harapan I dalam Festival Seni tingkat Provinsi tahun 2011 di Semarang. Tim karawitan juga sering mengisi acara dalam berbagai pentas seni, mengisi acara wisuda sudah tiga kali, serta mengisi acara di TVRI Pucang Gading.

piala

Adapun personil atau anggota karawitan angkatan 2011/ 2012 adalah sebagai berikut :

Gendang             : Yusuf TEI

Bonang                 : Ika TEI

Bonang Penerus: Dita TKJ2

Demung               : Shofi TEI

Saron                    : Febri TEI

Saron penerus  : Siska TEI

Kenong                  : Laras X TEI

Gong                     : Syafiq XI TEI

Slenthen                : Fenny                 XI TKJ2

Penyanyi                : Diyah Ayu XI TKB2

Personil-personil tersebut dipilih yang paling berpotensi dan atas kemauan sendiri. Semoga melalui STEMBA, ada hubungan harmonis untuk nutrisi otak kanan dan kiri sehingga menjadi berimbang, Teknologi di sisi kiri dan Seni kerawitan di sisi kanan. Bravo..

 


Komentar :

No Komen : 2
Lailatul Fitria :: 19-09-2012 13:23:51
anak karawitan emang keren ....
terus berkarya yaaaaa .....
 
No Komen : 1
Nur Cahyati F.M :: 19-09-2012 12:51:37
extra karawitan yang ada di STM Pembangunan Semarang tidak boleh ilang, siswa-siswi yang mengikuti harus terus dilatih agar mahir, walaupun STM sekolah teknik juga harus bisa budaya jawa budayanya sendiri,
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]